Pages

Subscribe:

Selasa, 23 Oktober 2012

SEKILAS PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH

BAHASA
Bahasa adalah suatu bunyi-bunyi pokal atau lambang-lambang tertulis dari bunyi-bunyi pokal itu yang di pakai oleh anggota masyarakat untuk beroprasi atau berinteraksi.
Bahasa juga di bagi menjadi 2 bagian,yaitu: Bahasa ibu dan Bahasa kedua.
  1. Manfaat atau Funsi bahasa 
  • Berkomunikasi
  • Argumen
  • Imformasi
  • Explosasi ( Mendalami )
  • Persuasip
  • Entertaimen
MENYIMAK
Peristiwa menyimak selalu di awali dengan proses mendengarkan bunyi bahasa baik secara langsung ataupun tidak, pada hakikat nya mendengarkan dan memahami isi dalam simakan.

TUJAN MENYIMAK
  • menangkap pesan apa yang di impormasikan oleh nara sumber
  • memahami ide/gagasan yang tersirat di dalam bahan simakan
  • menghayati impormasi yang di dapat
  • mendapatkan fakta,menganalisis,mengevaluasi,mendapatkan inspirasi,menghibur diri,meningkatkan kemampuan berbicara.
BEBERAPA PROSES MENYIMAK
  • menerima masukan yang di dengar
  • mengiterpretasikan dan berinteraksi dengan masukan yang di dengar
  • melibatkan diri dengan masukan yang di dengar
JENIS-JENIS MENYIMAK
  • menyimak tanpa mereaksi
  • menyimak terputus-putus
  • menyimak terpusat
  • menyimak pasip
  • menyimak dangkal
  • menyimak untuk membandingkan
  • menyimak organisasi materi
  • menyimak kritis
  • menyimak kreatip dan apresiatip
MEMBACA
membaca di bagi jadi tiga bagian,yaitu:
  • Membaca scaning adalah membaca tatap(scaning)untuk mempersempit/merangkum
  • Membaca memindai adalah membaca sangat cepat,ketika seorang membaca memindai dia akan mencapai banyak kata.
Contoh/
  • membaca daftar isi
  • membaca iklan
  • membaca petunjuk
  • membaca kamus
membaca scaming/membaca lenyap adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum suatu bacaan,membaca layap di butuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu dan untuk menemukan gagasan umum dengan cepat.
 
Salah satu cara guru mengajarkan membaca permulaan

 
PENDEKATAN METODE
Harpiah Abjadan
  Bunyi
Suku kata Kupa serangkai
Kata Kata lembaga
Kalimat Global
  sastruktur analitik
  Sintetik
Leanguistik Dengar-ucap
  Tiru

Membaca lanjutana
Akan guru lakukan jika siswa sudah dapat menyuarakan struktur kata dan kalimat sedarhana.
yang termasuk membaca lanjutan
  • Membaca bersuara
  • Membaca bergantian
  • Membaca terbimbing
  • Membaca Mandiri